Minggu, 07 Oktober 2012

PEACE must be with us!

PANCASILA
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Sungguh memiliki nilai idealis yang sangat tinggi yang dimiliki oleh sila #2 Pancasila. Pancasila, sebuah ideologi yang dianut oleh bangsa Indonesia. Lahir pada tanggal 1 Juni 1945 atas prakarsa Ir. Soekarno. Beliau berhasil merumuskan Pancasila yang berarti 5 dasar pokok.

kalo bisa dibilang sih, dunia saat ini sedang diatas ambang kehancuran. Iya nggak? Gimana nggak, lha wong perang dimana-mana. Disini perang, disana perang, dimana-mana hatiku perang. Mulai dari berperang dengan orang yang tak dikenal, sampai perang dengan orang yang paling kita sayangi dan kenali. Mulai dari perang menggunakan senjata tekhnologi mutakhir, sampai perang lempar-lemparan batu. Mulai dari berperang sambil adu fisik, sampai perang pemikiran. Sepertinya, bagi seorang pemimpin negara, bahkan pemimpin dirinya sendiri, untuk menyatakan perang kepada negara lain seperti sulitnya mencari kacang di toko kacang (baca: mudah).

 Lalu, apakah keadaan semacam ini masih harus terus menerus dibiarkan? masih sebuah pertanyaan besar loh buat kita semua. Apa yang harus kita perbuat? Apa yang seharusnya kita lakukan? Apa yang selayaknya kita perjuangkan? Jika diteruskan pertanyaan-pertanyaan seperti ini tidak akan ada habis-habisnya. Akan terus berkembang.

Sebagai penghuni dan pemakai dunia ini, sudah seharusnya kita menjaga dan merawat tempat tinggal kita. Kita hidup tidak sendirian. Kita hidup berdampingan dengan orang lain pula. Perlu yang namanya sebuah untregitas tingkat tinggi. Untuk menciptakan suatu perdamaian sebenarnya cukup mudah, dalam teori. Tetapi dalam pengamalannya itulah yang kita merasa cukup sulit.

RESPECT to the OTHERS

Respect, menghargai, menghormati. C'mon, we can do it. Make our home become comfort to live, to stay, to make a/many good relation(s) with someone, something, someday, somewhere, some(etc). Ya, Kita Bisa.
Maju Indonesiaku, Maju Duniaku, PEACE MUST BE WITH US.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar